Jalan-Jalan di Bandung Akhir 2022

Tahun 2022 telah berlalu dengan sangat cepat. Untuk menutup tahun 2022 agar lebih berkesan, aku menghabiskan waktu untuk liburan ke Bandung. Dua tujuan utama buat ke Bandung, Mall Paris Van Java dan Kebun Binatang Bandung. 

Selama di Bandung, aku menginap di kos esklusif, Fenway Kostel, letaknya 8 menit jalan kaki dari Mall PVJ. Kos esklusif ini resepsionis dan juga pemiliknya ramah. Sangat ramah. Kalo kalian butuh advice untuk keliling Bandung, kalian bisa tanya ke mereka. Kos ini dari luar keliatan kecil, bangunannya seolah hanya terdiri dari tiga lantai. Padahal kalo masuk, ternyata ada lantai ke empat yaitu basement. Di Basement ada beberapa kamar. Semua kamarnya full AC. 

Aku pesen kamar lewat aplikasi OYO, harganya murah banget. Untuk dua hari tinggal disitu aku cuma bayar sekitar 190 ribu not include tax. Karena harganya yang super murah, jadi aku nggak mengharapkan penginapan standar hotel. Kesan pertama pas aku masuk ruangan adalah bau rokok. 

Apek pertama masuk. Tapi setelah nyalain AC, lama-lama baunya pudar sendiri. Ukuran ruangannya cukup besar. Kamar mandinya sendiri cukup luas. Closetnya duduk, showernya udah pake shower yang modern, ada fixed shower sama hand shower sekaligus. Blowernya nyala kenceng, kayaknya baru deh. Ada rak besar untuk taruh peralatan mandi. Pengharum ruangan toiletnya enak dan masih wangi banget. Tapi minusnya, toilet ini terkesan dibersihkan seadanya. Bagian lantai bersih, tapi di ujung-ujung, di pojok-pojok masih keliatan berlumut hijau kehitaman. Buat orang yang OCD dan perfeksionis, ini ganggu banget. Dibagian rak untuk sabun juga beberapa bagian berkarat. Air panas berfungsi dengan baik dan normal. 

Di ruang tengah kamar ada meja kayu dan telpon. Nggak tau telponnya masih berguna apa enggak, karena diletakkan gitu aja di ujung meja dan lumayan berdebu. Kasurnya pake central springbed, masih empuk tapi keliatan udah lama. Ada lemari kayu yang berdebu, sayang banget padahal lemarinya lumayan gede dan kayunya terlihat mahal. ACnya dingin, berfungsi normal. Ada TV kecil, sekitar ukuran 24 inchi, tapi sama sekali gak ada channelnya. TVnya nyala tapi isinya gambar semut doang. Udah kita coba berbagai macam cara tetep nihil. 

Di depan kos ada Alfamart, sebelahnya persis ada warung masakan padang, jalan sekitar dua menit ada Junction8, nyebrang jalan sukajadi ada apotik cemara, lurus dikit udah Mall PVJ, lokasinya literally strategis banget. Mau ke kebun binatang bandung juga cuma 10 menit naik mobil, dengan catatan gak macet. Kalopun kalian gak bawa alat mandi, handuk, sabun, gak masalah. Laper tengah malem pun aman, Ojol pengantar makanan available hampir 24 jam. Oh ya FYI di bandung ada Ojol Maxim. Tarifnya miring banget, bisa setengah dari provider Ojol lainnya. 

Well hari pertama kita ke PVJ sore, sekitar jam empat sore. Awalnya kita kesana naik motor, dan parkir motornya penuh. Penjaga parkir motornya galak banget, mungkin capek kali ya. Akhirnya kita puter balik ke kos dan milih jalan kaki. Nggak seluruh PVJ kita puterin karena luas banget. 

Masuk PVJ lumayan tertib prokes. Harus pake masker dan check in di aplikasi Peduli lindungi. Kalo lupa gak bawa masker, sebelah mall ada warung kecil yang jualan masker. Tapi harganya mayan mehong. Sebiji masker yg cuma selapis dan tipis dihargai dua ribu lima ratus rupiah.

Long story short, kita main ke Playground Hooray yang ada di sky level. Kita kena tarif liburan non member, karena emang ga minat bikin member juga. Untuk ukuran playground harganya mahal, seharga kidszoona yang di Jogja City Mall. Satu anak 125 ribu free satu pendamping. Kalo mau nambah pendamping tambah 25 ribu. Tiket ini berlaku bolak balik. Kamu boleh keluar masuk playground sepuasnya asalkan gelang tiketnya masih ada dan masih utuh. Masuk ke dalam harus pake kaos kaki. Kalopun lupa bawa, tenang aja, disana jual kaos kaki juga seharga 25 ribu per pasang. 

Nilai plus playground ini ada flyingfoxnya. Lainnya sebenernya standar aja. Kalo dibanding dengan Fun & Play di Hotel Louis Kienne Semarang lebih luas dan jauh lebih murah yang di semarang. Sebagai catatan yang di semarang tidak ada flying fox tapi ada main salju. Di dalem Hooray ada rest area, isinya beberapa kursi dan meja untuk istirahat dan makan sedikit. 

Pemandangan dari rest area. 

Empat trampolin mini. Kapasitas maksimal delapan anak. 

Area panjat dinding untuk anak umur 7-14 tahun.

Area mandi bola versi mini dengan bus hias yang gak boleh dinaiki. 

Area main lego

Area Flying fox. 

Area kolam mandi bola utama. 

Ada kolam busa bentuk kubus di sebelah pintu masuk. 

Sebenarnya ada area main puzzle tapi waktu itu gak kefoto. Btw puzzlenya banyak yang ilang dan nggak lengkap. Untuk area main peran profesi lumaya dikit. Seingatku cuma polisi, dokter, sama supermarket. Ada balance bike merek london taxi. Sepedanya emang sebagus itu, makanya harga london taxi muahhalll 😂

Next di PVJ kita sempetin makan, tadinya pengen makan ramen atau udon ternyata penuh semua. Bahkan sushitei resto jepang yang harganya selangit aja penuh. Akhirnya kita memutuskan makan di Burger King yang lumayan sepi. Tempatnya nyempil dibelakang starbuck. Bukan apa-apa, tapi bawa toddler yang baru dua tahun emang lebih nyaman makan di tempat yang agak sepi. Di Burger King, kita makan nasi ayam dan burger mozarella yang kecil. Rasa ayamnya honestly nggak terlalu enak. Kalah sama ayam MCD atau KFC. Kalo burgernya jangan ditanya, udah pasti enak. Lebih enak dari burger MCD. Mozarellanya lumer, kalo ditarik bisa puanjaang. Minumnya kita dapet lemontea, udah sepaket sama ayamnya. Rasa gulanya nyegrak banget. 

Selanjutnya mumpung di PVJ, kita gak lupa buat foto di air terjun ciri khasnya. Takjub euy. Mau dibilang ndeso ya terserah. Tapi aku mengagumi gimana si arsitek mall ini merancang konsep mall sedemikian rupa sehingga keliatan asri banget gitu. Belum lagi volume air yang jatuh dari air terjunnya ini lumayan gede loh. 

Nggak keliatan ya? 

Sayangnya waktu itu lampu diatas air terjunnya nggak dinyalain, jadi difoto malem-malem gini gak terlalu jelas. 

Oh iya kita sempet sholat Magrib dan Isya di musholla PVJ yang lokasinya satu lantai sama air terjun. Musholanya dikonsep ruang terbuka trus dibatasin sama tanaman-tanaman gitu. Lumayan sempit untuk ukuran mall segede itu. Masih lebih memadai mushola di Jogja City Mall atau di Hartono. Catatan: aku nggak keliling mall dari ujung ke ujung. So I don't know if there are another musholla yang lebih luas dan memadai. 

 Gini aja musholanya. 

Deket mushola ada toilet yang lumayan banyak. Tapi closetnya model duduk terus airnya disemprot dari bawah Model Seat Bidet Spray. Jadi kalo nggak kebiasa sedikit kagok, kayak nggak bersih ceboknya. Hihihi

Keesokan harinya, kami mengunjungi kebun binatang bandung. Harga tiket masuk Rp 50.000. Petugasnya disiplin. Setiap bocah disuruh ukur tinggi badan, kalo udah lebih dari 80 cm suruh beli tiket lagi. Anakku kebetulan sekitar 84an cm tapi entak kenapa mbak yang jaga baik banget, bilang gak usah beli tiket lagi, langsung suruh masuk. Oiya, disini petugasnya juga ngecek masker. Kalo nggak pake masker disuruh cari dulu. Pas masuk cuma dapet tiket doang, nggak dikasih peta kayak di Kebun Binatang Gembiraloka Jogja. Pertama masuk langsung disuguhi pemandangan singa yang letaknya dibelakang Resto Simba. Kandang singanya kecil menurutku, lebih kecil dari kandang singa di mini zoo lembang malahan. Udah gitu terbuka banget, menakutkan pol. Seolah singanya siap lompat ke depan kita. Lebay hehe

Next kita liat jerapah, zebra, sama binatang afrika yang aku lupa apa namanya. Nuansanya afrika banget, gersang. Zebranya buluk, nggak secerah di TV, coraknya hitam putih, ini malah coklat hitam wkwk. Nggak pernah mandi kayaknya 😁

Trus kita liat Elang Ular Bido yang super ganteng. Rasanya tuh langsung pengen pelihara.

Elang Ular Bido

Trus liat beruang madu yang bolak-balik mondar mandir di kandang, gabut banget. Liat Binturong yang sibuk tidur di pohonnya. Gak jauh dari kandang binturong, ada tempat foto sama binturong. Free, ada kotak tips disitu bisa diisi seikhlasnya. Kalopun gak ngisi, juga gapapa, gak dikejar-kejar sama mamangnya. 

Menariknya aku juga nemu burung merak yang keliaran diluar, kayaknya dia lepas dari kandang. 

Hal yang bikin aku sedih pas liat tapir. Tapirnya sendirian, tisur dipojokan kandang.  Badannya tapir bedarah, ada luka terbuka disitu dan dikerubung lalat. Kayak nggak keurus gitu. 

Kalo mau lihat macan dahan, mending kalian naik semacam tangga gitu. Macannya mager, tidur doang diatas dahan yang tinggi banget. Ya gimana nggak mager, dikandang nggak ada musuh, makanan di sediain, hidupnya udah nyaman dan tentram. 

Kita bisa foto sama burung macaw juga. Burungnya bagus tapi agak galak. Hati-hati ajalah. Pas sampai ke area kandang bangau, pelikan, flamingo, bau nggak sedap menguar. Baunya campuran antara bau tai sama bau lumut. Mungkin karena airnya nggak ngalir kayak di sungai alami  kali ya. 

Burung Pelikan.

Si cantik Flamingo.

Ada Aviary yang ukurannya kecil dan kalo mau masuk ke aviary bayar lagi 20 ribu. Nggak worth it menurutku. Kalo mau masuk ke aviary mending ke Kebun Binatang Jogja atau ke Mini zoo lembang, lebih puas. 

Lupa namanya ini burung apa. 

Pemandangan dari sebelah kandang jerapah dan zebra. 

Setelah shalat dhuhur, kita makan di Resto Simba. Restonya literally sebelah kandang singa. 

Kandang singa

Resto ini konsepnya bagus. Bisa indoor ataupun outdoor. Banyak pohon rindang yang bikin suasananya asri. Angin sepoi-sepoi. Enak buat istirahat setelah seharian mengelilingi kebun binatang. Tapi harganya sungguh mencekek kalo kubilang. 

Pesen mie ayam dua porsi dan air mineral total abis Rp 90.000. Mending kalo mi ayamnya enak banget dan worth it aku sih gapapa ngelepas duit segitu buat jajan. Tapiiii mie ayamnya sungguh kacau gaes. Jujur aja gak enak banget. Apalagi ceker pedas ala korea yang ditaruh di atas mie menurutku malah ganggu. Uwe sampe agak nyesel milih beli mie ayam. Rasa kaldu kuningnya gak jelas, cekernya gak enak, kayak ceker udah di taruh di kulkas berhari-hari. Sama sekali nggak fresh. Air mineralnya sebotol Rp 10.000 cuma dapet air mineral merk Ron 88 yang isinya 330 ml. Pen misuh sih aku. 

Yaa dia ngejual tempat doang menurutku. Jangan berharap banyak sama rasa makanannya. 

Liat air mineral di atas meja. Itu kecil tapi muahaal. 

Next abis makan, kita lanjut jalan lagi. Ternyata ada area playground anak-anak. Beberapa mainan emang udah rusak sih. Tapi buat mainan-mainan yang harus bayar kayak istana balon trus kereta,motor dan mobil listrik, mainannya lumayan terawat kok. 

Masuk istana balon ini bayar ya gengs. 

Sewa motor-motoran Rp 20.000 

Keliling rute motor-motoran. 

Area mainan outdoor. 

Di deket area mainan outdoor ini ada tempat buat naik gajah,toilet, dan kandang monyet. 

Nonton monyet. 

Persis sebelah kandang monyet ini ada toilet yang tampak baru. Fasilitasnya bagus. Toiletnya ada banyak. Sayangnya kebersihannya kurang. 

Well, selanjutnya pulaaang. Pas di pintu exit, ada penjual sovenir resmi kebun binatang bandung, tapi harganya emang gak masuk akal. Mahal. Masa kaos anak bahan katun satu bijinya seratus ribu. Hiks menangis kantongku. 

Abis dari kebun binatang, kita sempetin ke Junction 8. Ternyata Junction ini masih satu grup sama jaringan supermarket Yogya. Aku amazed banget sih sama begitu lengkapnya jajanan di Junction 8. Coklat-coklat impor semua lengkap euy. Pen borong rasanya. 

Finally sekian saja cerita liburan akhir tahun ke Bandung. Semoga ceritaku berguna yaa 😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKUATAN atau KEMUDAHAN?

Mengapa (harus) ke Boarding School?

Bedah Isi Buku Positive Parenting