7 Aktivitas Pembelajaran untuk Balita 21 Bulan

Kali ini aku bakal share tujuh jenis aktivitas belajar untuk anak berusia 21 bulan. Awalnya konten ini mau aku bikin video sekalian nyobain segala macem tools editing yang sekarang ini canggih banget. Tapi apa daya, kekuatan sinyal internetku mengenaskan. Aku yang sabarnya lebih tipis dari tisu emosi ngeliat buffering yang tak ada ujungnya tak tampak pula kapan selesainya. 

Well, balik lagi ke anak. Anak umur 21 bulan rata-rata sedang melatih motorik kasar, motorik halus, dan kemampuan koordinasi mata serta tangan. Nggak usah khawatir, aktivitas ini bisa kalian mainkan dengan bahan yang ada di rumah. 

Aktivitas pertama: BOWLING

Mainan ini banyak dijual di marketplace atau di toko-toko mainan terdekat. Ntar ku kasih link belinya dibawah. Kalo nggak mau beli, kita bisa manfaatkan botol-botol bekas yang dijajar. Cara mainnya sangat mudah.  Kita tinggal atur bowling pinnya, terserah mau di atur formasi kayak apa karena nggak ada aturan bakunya. Trus kita tinggal tentukan tempat untuk lempar bola. 

Nggak ada ketentuan bola apa yang dipake dan sejauh apa jarak lemparnya, sesuaikan aja sama ukuran tubuh anak. Tujuannya simpel, yang penting bisa melempar bola dan menjatuhkan bowling pin atau botol sebanyak mungkin. 

Untuk awal-awal mungkin jarak lempar bolanya dibuat pendek dulu, terus gunakan bola yang besar supaya anak bisa merobohkan banyak bowling pin. Setelah anak lebih percaya diri, pelan-pelan jauhkan dikit demi sedikit jarak lempar dan coba pakai ukuran bola yang lebih kecil. Oh ya, kadang-kadang anak bingung mau berdiri dimana pas lempar bola, supaya anak lebih tertib coba kasih tanda tempat buat lempar bolanya, bisa dari hulahop atau bisa juga tandain lantainya menggunakan spidol. 

Permainan ini bertujuan untuk melatih koordinasi mata dan tangan anak. Mereka juga belajar tentang perencanaan motorik atau kemampuan untuk membuat konsep, merencanakan dan melaksanakan tugas. 

Aktivitas kedua:  Menumpuk box

Pertama kita siapin dulu berbagai macam ukuran box. Bisa beli di marketplace mainan montessori semacam ini banyak yang jual. Tapi harganya lumayan ya bun. Tapi ya kalo memang pengen beli boleh search aja Pink Tower atau liat aja di link bawah. 

Tips irit dari aku, kita bisa pake kardus bekas. Jadi kalo abis beli sepatu, tas, atau belanja online, box nya jangan dibuang. Bisa jadi mainan seru buat balita. 

Pertama, kita ajarin dulu. Contohin dulu bangun menara dari kerdus. Ditumpuk-tumpuk aja. Kalo udah tinggi, trus ditendang haha

Contohin juga kalo untuk bangun menara kita mulai dulu dari box atau kardus yang ukurannya paling besar. Lama-lama main box ini kayak main lego. Kita bisa variasikan box jadi macam-macam bentuk sekreatif mungkin. Bahkan boxs ini bisa dipake buat main petak umpet. 

Kita juga bisa pake kerdus kecil-kecil bekas skincare, obat, atau tempat headset, terserah apapun yang penting bersih. 
Tumpuk kardus kecil-kecil setinggi mungkin dan kemudian hancurkan tumpukan kardus dengan menabrakkan truk atau mobil mainan. Ini sih seru banget. Selain menyenangkan anak, ini juga ngajarin anak tentang sebab-akibat lho. 

Aktivitas ketiga: mencocokkan kaos kaki.
Caranya gampang banget, siapin beberapa pasang kaos kaki dengan berbagai warna, kemudian acak. Ajarin anak menemukan pasangan kaos kakinya. Nggak harus pake kaos kaki anak, kaos kaki bapak emaknya juga boleh yang penting bersih. Kalo bisa pake kaos kaki polos yang warna ngejreng merah, kuning, hijau lebih bagus lagi. Sekalian bisa belajar mengenal warna. 

Aktivitas keempat: Mencocokkan mainan figur binatang ke gambar yang ada di buku. 

Cara mainnya gampang. Sediakan mainan figur binatang, terus cari buku yang gambarnya sama. Mintalah anak untuk nyocokin mainan binatangnya ke gambar yang ada di buku. Kalo punya buku macem First 100 Animal lebih enak lagi main ini. 

Kalo terpaksa ga punya buku tentang binatang boleh deh pake poster. Biasanya kan di kamar anak suka ada poster mengenal binatang, nah bisa tuh dipake buat main mencocokkan ini. Gak punya poster? Pake flashcard. Gak punya juga? Emaknya gambar sendiri deh di kertas ~ dibikin enjoy aja ya mak. 

Oh ya, biasakan sebut nama hewan sesuai nama yang benar ya..
Contoh kucing, yaa bilang kucing.. jangan sebut pus atau meong 
Anjing ya bilang anjing, jangan sebut gukguk
Begitu juga dengan binatang lainnya seperti sapi yang suka diplesetin jadi moo 

Aktivitas kelima: Jalan di atas bubble wrap.

Receh banget ya keliatannya, tapi ini bisa jadi kegiatan yang seru buat anak. Bahannya pun gampang di dapat. Cuma bubble wrap dan selotip. 

Jadi kalo kalian dapet paket dengan bubble wrap, bubble wrapnya jangan dibuang. Tinggal disusun panjang di lantai, tempel pake selotip. Dah gitu aja. Tinggal suruh anak jalan diatas bubble wrab, bisa juga lompat-lompat. Ajarin anak mecahin gelembung bubble wrap pake tangan. Yakin deh denger suara letusannya itu 
udah satisfying banget. 

Aktivitas keenam: Bunga beku. 

Kalian bisa jalan-jalan cari bunga atau daun di lingkungan rumah. Kalo bisa ada bunga atau daun yang mewakili warna dasar merah, kuning, hijau, dan biru. Setelah itu masukkan bunga ke cetakan es, kasih air. Dan bekukan. 

Keesokan harinya, lepaskan es bunga dari cetakan, taruh di wadah atau ember. Biarkan anak merasakan sensasi dingin es, sekaligus belajar perubahan es beku jadi cair. 

Aktvitas ke tujuh: Pindahin air dengan spons. 

Permainan terakhir ini sekaligus menstimulasi kekuatan otot tangan anak yang berguna sebagai latihan pra menulis. 
Bahannya gampang, cuma spons busa cuci piring, terus dua buah mangkok, dan air. 
Cara mainnya, isikan air ke salah satu mangkok, masukkan spons ke dalam mangkok, lalu angkat spons basah, pindah ke mangkok yang kosong kemudian peras airnya. 
Lakukan berkali-kali sampai mangkok yang terisi air kosong, dan mangkok yang tadi kosong jadi penuh. Sederhana kan? 

Biar lebih berwarna, boleh deh airnya kasih pewarna makanan. Anak 21 bulan mungkin nggak terlalu bertahan lama konsentrasinya. Bisa jadi dia baru memindahkan air dua sampai tiga kali lalu memilih mengacak-acak atau menumpahkan air. Tak apa. Itu wajar dan gapapa karena rentang konsentrasinya memang belum panjang. Nggak usah dimarahin. Biarkan saja. 

Nah, itu tadi tujuh permainan sekaligus aktivitas belajar untuk anak umur 21 bulan. Bahannya mudah di dapat dan gak mahal. Yuk dicoba!

Daaah👋

Referensi:
https://www.sensorylifestyle.com/toddler-activities/top-activities-21-month-old-toddler/amp/
https://chicklink.com/activities-for-18-24-month-olds/

Beli bowling disini: Bowling Mainan
Beli pink tower disini: Pink Tower
Beli kaos kaki anak warna solid disini: Kaos kaki


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKUATAN atau KEMUDAHAN?

Mengapa (harus) ke Boarding School?

Bedah Isi Buku Positive Parenting