Penipuan Menggunakan Kode OTP Mandiri E Cash

Kejadian ini saya alami kemarin hari Jum'at tanggal 11 Agustus 2017, well udh sekitar 4 hari lalu sih, tapi baru sempet nulis sekarang. Better late than never uh? :D


Jadi ceritanya gini, kemarin saya jual HP evercoss di OLX (http://olx.co.id/iklan/dijual-evercoss-a54-haier-max-IDojB2T.html#1c81e8cf31). Belum ada sehari iklan dipasang, ada orang yang nawar. Dia ngaku dari Tangerang a.n Fikri Wijaya. Dia ngga nawar sama sekali, tapi minta ongkirnya kita yang nanggung. Okedeh, boleh. saya kirim nomor rekeningnya. sambil nunggu transferan masuk, kita pack tuh HPnya. Abis itu dia ngirim bukti transfer.





Sebenernya pas ngeliat struknya saya ngerasa agak ganjil, di struk pengirimnya dari PT Bina Mandiri, padahal dia ngaku bernama Fikri Wijaya.  Tapi selanjutnya saya maklum. Oh okelah mungkin dia kerja disitu.

Next question is OTP. apaan tuh? sebagai orang yang hampir ga pernah jual beli online saya ga paham istilah OTP. karena gengsi mau nanya, saya searching dulu. Ternyata OTP adalah One Time Password. OTP ini sebagai pengaman transaksi online. OTP merupakan fasilitas dari Mandiri E Cash. Singkat cerita saya bilang kalo saya ga pernah transaksi pake OTP. 




Sampai sini saya ngerasa agak aneh. Kalo kode OTP itu pengaman, harusnya pas belum dimasukin kode OTP, transaksi belum ke record dan uangnya belum berkurang. Tapi karena saya belum pernah pakai transaksi model begini, saya mencoba husnudzon.




Iyadeh serah apa kata lo. Ntar gue coba -,-

 

Lah? kepo banget sama saldo saya, sampai minta difotoin segala. Disini keanehan mulai kerasa. Gimana caranya ada uang tiba-tiba masuk, kalo masukin kode OTP aja belum?Okedeh saya turutin. Toh duit saya di ATM tinggal 200 ribu :P




Harus bahasa inggris ya? Bukannya saya ga bisa bahasa inggris, tapi disitu ada kata "top up". sepemahaman saya, kok malah saya jd nge top up akunnya dia? Akhirnya saya minta panduan yang bahasa indonesia aja biar jelas.



Loh? Bank Mandiri itu kan BUMN punya Indonesia, ga mungkin dong dia bikin produk tanpa penjelasan versi Indonesianya? Akhirnya saya tanya deh. Itu panduannya searching dimana? Saya googling ga nemu panduan yang kayak gitu tuh. Saya juga udah buka webnya Bank Mandiri ga ada model panduan kayak gitu.





kok ngotot sih kak? -,-
Mana abis itu dia terus-terusan wasap. Akhirnya karena saya masih jenguk sodara di RS, tak wasap deh jelasin posisi saya.


Heleh, emang ngga lama. Tapi saya sengaja ngulur waktu juga. Jangan-jangan ini usaha dia bikin saya panik. Akhirnya abis magrib mau isya saya ke ATM. waktu saya ngikutin petunjuk dia, ada konfirmasi, intinya, " are you sure mau nge top up akun atas nama Jupri?"
Hah? Jupri? Bukannya td namanya Fikri Wijaya? Wait, Top Up? Kan Harusnya gue yang dapet duit? Loh? harga HPnya kan cm 200ribu kok dia nyuruh aku nulis 220652? Transaksi pun saya cancel dan saya keluar ATM sambil marah-marah sama adek. Bukan marahin adek saya sih, tapi curhat ke adek saya sambil marah-marah. Trus saya disamperin mbak-mbak pake baju biru dongker.

"Mbaknya mau transaksi OTP? Jangan mbak, itu pasti penipuan. Saya udah pernah ketipu sekali."

Alhamdulillah, ada orang baik yang akhirnya memperjelas dugaan-0dugaan dan kecurigaan saya. Uang 200 ribu pun selamat. Syukurlah. Lumayan buat beli Martabak :D

Yang saya pelajari adalah, pelaku memanfaatkan perasaan kita dengan sengaja bikin panik seolah-olah dia takut kehilangan uang 200 ribu karena udah terlanjur transfer ke kita. Bolak-balik nelfon. Berisik banget pokoknya. Bahkan dia juga nyebut nyebut nama Tuhan. Ealah, kok ngga sopan banget menyandingkan nama Tuhan dengan penipuan.

Finally, jadilah orang yang selalu skeptis. Skeptis itu percaya tapi ga sekedar percaya. Harus ada buktinya dulu. Jadi orang yang skpetis dan banyak nanya itu ngga rugi kok, selama yang ditanyakan itu penting. Asal jangan kebanyakan nanya cuma karena pengen show off seolah-olah kita kritis. Nanti kaya bani Israil susah lhoh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKUATAN atau KEMUDAHAN?

Mengapa (harus) ke Boarding School?

Bedah Isi Buku Positive Parenting