Apakah Karena Mereka Muslim?

Rohingya berduka
Tak hanya rohingya, seharusnya umat muslim diseluruh dunia juga merasa luka.
di tengah gegap gempita takbir hari  raya idul adha, mereka nelangsa.. harus menghadapi maut, melarikan diri ke negara tetangga manapun untuk menyelamatkan jiwa.

Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia, dekat dengan mereka, apa yang telah dilakukan?
Berkoordinasi dengan PBB, lalu? Mengutuk? Menyesalkan? Berharap pemerintah Myanmar melakukan perhatian khusus? Hanya itukah yang dilakukan pemerintah negara ini?

Kira-kira berani ngga pemerintah menggambil sikap keras? Mengusir dubes Myanmar dari Indonesia, adakan KTT Luar Biasa ASEAN dengan agenda mengusir Myanmar dari ASEAN?
Saya sedikit rindu dengan sikap Soekarno. Dulu, saat Indonesia berkonfrontasi dengan Malaysia, Beliau dengan gagah  dan elegan keluar dari PBB. Harga dirinya sebagai pemimpin tinggi sekali.

Apakah karena korbannya adalah muslim, maka negara-negara sekitar diam saja? Bahkan Amerika yang biasa ikut campur pun kali ini tak mengambil sikap apapun. Kemudian apa guna OKI kalau tak menyelesaikan apapun. Hanya Turki  yang selama ini terlihat ada di garis depan membela muslim Rohingya.

Di zaman semodern ini, ditengah persaingan ketat teknologi dan ekonomi antar negara, ternyata masih ada pembantaian dan pembunuhan tanpa alasan yang jelas. Apakah hanya karena mereka muslim kemudian bisa dibantai seenaknya? Apakah karena mereka muslim, kemudian darahnya menjadi kurang material? Apakah jika membunuh muslim kemudian tidak ada dampak pervasif yang akan di dapat?

Banyak sekali pertanyaan berkecamuk dibenak saya. Entah siapa yang akan menjawabnya.

Kasus Rohingya bukan hanya kasus SARA, ini kasus HAM. Bukankah HAM berarti adalah setiap manusia berhak untuk hidup? Berhak untuk memeluk agama apapun yang diyakini?

Saya muslim. Saya ikut sedih karena tak dapat berperan apapun selain mendoakan mereka. Semoga Muslim di seluruh dunia yang di dzalimi ole penguasa diberikan kekuatan. Karena saya percaya Allah maha penyayang dan pengasih. Allah tak akan memberikan cobaan diluar kemampuan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKUATAN atau KEMUDAHAN?

Mengapa (harus) ke Boarding School?

Bedah Isi Buku Positive Parenting