Excuses

Everyone makes mistakes, the only thing made it's different is the reason and excuses. Kadang alasan membuat seseorang tak bersalah. Tapi sebetulnya itu alasan atau pembenaran?

Saya inget banget beberapa hal berikut yang bikin saya sekarang suka mikir sebelum ngeluarin alasan. Saya takut jangan-jangan itu cuma usaha saya aja buat membenarkan kesalahan yang saya perbuat. Kalo orang sukanya cari pembenaran, bisa jadi dia ngga pernah evaluasi dan berbenah. Alesaaan terus.. and I don't wanna be like that.

1. Kata-kata pakde saya waktu minta diambilkan tutup gelas untuk cangkir kopinya. Saya udah cari-cari tutup gelas kesana kemari tapi ngga ada. Walhasil sambil nyengir saya bilang, "Sorry pakde, ngga ada tutup gelasnya. Dulu punya banyak sih. Tapi suka keselip-selep di rak. Pada jatuh terus kebuang, abis deh"
Pakde saya bilang, " oh berarti tutup gelasnya ga ada? Yaudah gapapa, gausah banyak alasan. Ga ada yaa bilang aja ga ada. Ga usah belibet."

2. Pas waktu kuliah pendidikan karakter, Saya diajar Dosen yang pernah tinggal di Taiwan dan Jepang. Beliau bilang, "If you want to be a part of International Community, Please be on time. No excuses."
Beliau menyoroti betapa masyarakat di Jepang sana sangat menghargai waktu dan orang lain sehingga tidak mau datang terlambat meskipun hujan badai sekalipun.
Bandingin aja sama mahasiswa sini yang kalo telat alesannya macem-macem, mulai dari bangun kesiangan, terlalu santai, jam nya mati, ga ada yang bangunin, macet, dan bahkan hujan. Hujan itu kan cuma hujan air. Bisa dihadapi pake mantol, payung, atau naik mobil. Dijaman sekarang kalo hujan dijadikan alasan kayaknya terlalu naif. Sekadar pembenaran yes?
Trus kalo alasan ban motor bocor gimana? For me it's accepted lah yaa, namanya juga musibah.

3. Waktu saya ketemu sama mapres UGM di suatu seminar, beliau bilang gini, "Orang lain itu ga mau tau apa yang ada di proses, mereka cuma ngejudge kita dari hasil." Setelah direnung bener juga kata-kata beliau. Orang lain ga mau tau apa alasan yang ada dibalik sebuah kesalahan. They just want everything runs as their wishes.

Kesimpulannya, daripada kita muter-muter sibuk cari alasan, lebih baik minta maaf aja deh. Toh juga orang lain ngga mau ngerti prosesnya. Jarang banget kan orang yang menghargai proses daripada sekedar ngejudge hasil.

Ini tulisan buat mengisi waktu selo. Kalo ada hikmahnya yaa monggo diambil, kalo engga yaa dianggep angin lalu gapapa :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKUATAN atau KEMUDAHAN?

Mengapa (harus) ke Boarding School?

Bedah Isi Buku Positive Parenting